Pelatihan Pariwisata Pertamina

PT Pertamina (Persero) bersinergi dengan PT Patra Jasa selaku Anak Perusahaan dalam melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR). Program CSR dimaksud di bagi dalam tiga kegiatan, yaitu Pelatihan Pariwisata, Pengelolaan Sampah dan Yoga Pre-natal yang digelar di Patra Semarang Hotel & Convention pada tanggal 26 September hingga 1 Oktober 2018.  

Pelatihan Pariwisata dilaksanakan selama 2 hari dan diikuti oleh 50 siswa SMK yang berasal dari SMK N 6 Semarang, STIEPARI dan UDINUS, meliputi pengetahuan dasar ilmu perhotelan, housekeeping serta table manner. Sedangkan pelatihan pengelolaan sampah diikuti oleh 50 warga dari kelurahan Wonotingal, Candi dan Jomblang yang meliputi proses pengolahan dari sampah menjadi kompos. Kemudian untuk yoga pre-natal dilaksanakan selama 4 (empat) hari dan diikuti oleh 40 ibu hamil berasal dari 3 (tiga) kelurahan yaitu Candi, Wonotingal dan Jomblang.

Dalam Ceremoni Pembukaan Program CSR di Semarang, Rabu, 26 September 2018, I Gusti Made Juniarta – General Manager Patra Semarang Hotel & Convention, dalam sambutanya menyampaikan “Kegiatan ini merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan oleh PT Pertamina, dan PT Patra Jasa sebagai anak perusahaan bertugas melaksanakan kegiatan tersebut melalui unit Patra Hotels & Resorts yang berada di Bali, Semarang, Bandung, Anyer, Parapat dan Palembang. Tema yang dicanangkan setiap tahunya berbeda-beda,  namun selalu mengedepankan program yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan warga sekitar hotel. Untuk tahun ini 3 kegiatan yang dicanangkan dalam program CSR seperti Pelatihan Pariwisata dimaksudkan sebagai bentuk kontribusi kami selaku pelaku wisata yang turut serta mengembangkan cikal bakal insan pariwisata yang berkualitas. Kemudian untuk kegiatan Pelatihan Pengolahan Limbah, kami sebagai industri ingin memberikan edukasi terhadap warga dalam pengelolaan sampah agar kami dan warga sekitar dapat berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan. Sedangkan kegiatan Yoga Pre-Natal adalah kepedulian kami terhadap para Ibu yang sedang berjuang untuk melahirkan buah hati yang nantinya menjadi generasi penerus Bangsa”.

Sebelum penyelenggaraan Program CSR di Semarang, PT Pertamina (persero) dan PT Patra Jasa telah sukses menyelenggarakan Pelatihan Pariwisata di Kupang bersama 60 peserta dari 3 SMK di Provinsi NTT dan Patra Comfort Parapat bersama 60 peserta dari 1 yayasan serta 7 SMK yang tersebar di Wilayah Parapat dan Siantar, Sumatera Utara.

Tentang Patra Jasa

Berdiri sejak tahun 1975, PT Patra Jasa adalah salah satu anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang telah berkembang dan fokus pada bisnis Pengembangan Properti (Property Development).  Saat ini Perseroan memiliki Tiga Pilar Bisnis yaitu Patra Land (Property Development), Patra Hotel & Resorts (Hospitality) dan Patra Services (Multi Jasa).

  • Patra Land

Dengan luas lahan tanah lebih dari 150 hektar, kelompok usaha Patra Land memiliki dan mengelola perkantoran serta perumahan untuk disewa, selain itu Patra Land juga mengembangkan berbagai bentuk property untuk dijual, termasuk Apartemen di Jakarta, Bekasi dan Jogjakarta, ruko di Cirebon, dan perumahan di Tangerang.

  • Patra Hotels & Resorts

Kelompok usaha ini, memiliki tiga merek produk yaitu The Patra untuk hotel berbintang lima, Patra untuk hotel berbintang empat dan Patra Comfort untuk hotel berbintang tiga dan setara.  

Didukung dengan pengalaman lebih dari 40 tahun, unit usaha ini memiliki dan mengelola enam hotel di berbagai lokasi, antara lain Bali, Semarang, Bandung, Jakarta, Anyer, Parapat dan Palembang serta berencana menambah jumlah hotel, dengan membangun beberapa hotel baru, termasuk di kota Cirebon, Jogjakarta, Labuan Bajo, Kepulauan Seribu, dan di provinsi Riau.

  • Patra Services

Meliputi berbagai usaha jasa, diantaranya jasa penyewaan kendaraan, pengelolaan dan pemeliharan gedung, F&B, EO dan agen perjalanan dan tur.

Image module